Bahayakah Smoothing Rambut Saat Hamil 9 Bulan

Dampak Smoothing Rambut Saat Hamil 9 Bulan mungkin tidak begitu terasa untuk janin yang dikandung. Akan tetapi, kondisi ini juga tidak menutup kemungkinan akan berakibat bahaya jika tidak dilakukan dengan benar.

Seperti dijelaskan oleh Dr. Irna (dikutip dari alodokter.com), penelitian terkait dengan perawatan rambut menggunakan zat kimia saat kehamilan masih memberikan hasil yang berbeda pada setiap individu.

Bahayakah Smoothing Rambut Saat Hamil 9 Bulan

Secara dasar, semua dokter setuju bahwa melakukan perawatan rambut dengan zat kimia (seperti smoothing ataupun mewarnai rambut) TIDAK boleh dilakukan pada trimester pertama kehamilan.

Akan tetapi, ada pula beberapa dokter yang mengizinkan perawatan dilakukan pada trimester kedua dan ketiga, dan beberapa lainnya menyarankan untuk menunggu hingga masa persalinan tiba.

Penting pula diketahui, zat kimia yang digunakan untuk smoothing atau mewarnai rambut sebenarnya hanya akan diserap dalam jumlah sedikit dari kulit kepala serta tidak akan membahayakan janin.

Akan tetapi, anda bisa mencoba melakukan beberapa hal dibawah ini untuk menghindari risiko paparan zat kimia dari perawatan rambut :

  • Melakukan highlight saja dibanding mewarnai seluruh rambut.
  • Menggunakan pewarna rambut natural seperti henna.
  • Hindari smoothing dengan bahan kimia yang menggunakan formaldehida.
  • Lakukan perawatan rambut pada ruangan yang terbuka atau mempunyai ventilasi yang baik supaya anda tidak menghirup zat kimia dari saluran nafas.
  • Menghindari paparan bahan kimia pada area kulit kepala.

 

Meski tidak mempunyai dampak yang signifikan, nyatanya smoothing rambut bisa menimbulkan bahaya terhadap kesehatan. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Kerusakan Rambut

Masuk pada salah satu dampak smoothing, kerusakan rambut sudah pasti tidak bisa dihindari. Apalagi anda tidak melakukan perawatan yang tepat dan berkala.

Kerusakan yang ditimbulkan sangat bervariasi, mulai dari kerontokan yang disebabkan rusaknya akar rambut, atau bisa juga menyebabkan rambut bercabang, patah dan lain sebagainya.

Hal ini bisa terjadi lantaran energi listrik panas yang dialirkan catok menjadikan pertumbuhan rambut menjadi tidak seimbang serta kandungan kimia yang bisa merusak akar rambut. Ditambah lagi dengan pemakaian cat yang ikut berpengaruh pada kerusakan rambut.

2. Pendarahan Pada Hidung

Berdasar pada tes kesehatan yang sudah dilakukan, menunjukkan bahwa obat yang digunakan dalam perawatan rambut smoothing pada salon atau rumah kecantikan, merupakan obat yang bisa menimbulkan bahaya.

Hal ini dikarenakan bahan kimia yang ada dalam obat tersebut mengandung racun yang bisa menyebabkan seseorang mengalami pendarahan dalam hidung.

Bagi seorang wanita yang sedang hamil, tentu kondisi pendarahan hidung akan berdampak pada kesehatan janin yang sedang dikandungnya. Meski tidak secara langsung bisa terlihat efeknya pada si bayi. Akan tetapi, bahaya seperti pendarahan hidung pastinya akan berpengaruh pada keadaan bayi.

3. Alergi

Bahaya lain yang bisa muncul karena smoothing rambut ialah alergi pada kulit kepala. Alergi ini bisa saja muncul. Se agai contoh ialah iritasi kulit, ketombe, gatal-gatal, ruam, dan lain sebagainya.

Alergi bisa juga disebabkan oleh obat yang digunakan dengan kandungan bahan kimia berbahaya. Jika kasus ini menimpa diri anda, maka akan lebih baik jika segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Rambut Kusam Dan Kering

Rambut kering merupakan salah satu efek samping setelah melakukan smoothing rambut. Tidak terkecuali juga saat anda rebonding. Hal ini disebabkan panasnya kandungan kimia yang berasal dari obat yang digunakan.

Dengan kondisi rambut yang kering, bisa menjadi tanda bahwa rambut anda kehilangan kelembapan alami, sehingga akan tampal kusam dan tidak berkilau.

5. Rambut Menjadi Kasar

Bahaya yang satu ini juga bisa disebabkan oleh kandungan kimia yang berasal dari obat yang digunakan pada perawatan smoothing rambut.

Kondisi rambut yang kasar, menjadi tanda bahwa rambut sudah kehilangan bentuk dan tekstur asli. Terlebih lagi, kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi baik dari dalam ataupun luar.

6. Memicu Kanker

Masih banyak orang yang tidak percaya bahwa perawatan kecantikan seperti smoothing rambut bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

Semakin sering anda melakukan smoothing rambut, maka semakin besar pula risiko hadirnya penyakit kanker. Hal ini berdasar dari penelitian ilmiah yang menemukan bahwa kandungan yang ada pada obat smoothing terdapat formalin yang kadarnya bervariasi.

Zat tersebut merupakan bahan kimia yang bisa memicu kanker sebagaimana dirilis oleh Badan Keselamatan Lingungan Amerika Serikat.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum terkait Bahayakah Smoothing Rambut Saat Hamil 9 Bulan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan.

Source :

- https://www.alodokter.com/komunitas/topic/sy-hamil-9bulan-dok-ingin-smoothing-dn-mewarnai-rmbut-highlight-aman-g

- https://hamil.co.id/gaya-hidup/kebiasaan-buruk/bahaya-smoothing-rambut-saat-hamil

Belum ada Komentar untuk "Bahayakah Smoothing Rambut Saat Hamil 9 Bulan"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel